•  
  • Home Schooling Alam
Rabu, 16 Mei 2012 - 14:47:09 WIB
Percobaan Gunung Berapi
Diposting oleh : Ni Made Desi H.S.Pd.I
Kategori: Pengetahuan - Dibaca: 1317 kali

Melakukan percobaan Gunung Berapi .

Bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan percobaan gunung berapi adalah sebagai berikut :

- Tanah Lempung

- Botol kecil ukuran bebas

- Soda kue

- Cuka

- Pewarna makanan warna Merah

- Ranting

Proses kerja :

- Pertama buatlah gunung-gunungan dari tanah Lempung atau lumpur, jangan lupa untuk memberi lubang/celah ditengah untuk meletakan botol yang telah disediakan.jika model gunung dan botol sudah siap, maka berilah hiasan ranting di tepi/ pada sekeliling bagian gunung. agar terlihat lebih menarik. lalu masukan tiga atau empat sendok soda kue kedalam botol yang sudah ada didalambentuk gunung. kemudian teteskan kurang lebih lima tetes pewarna makanan warna merak kedalam botol. dan untuk proses terakhir masukan cuka seperempat botol lalu apakah yang terjadi ??

proses tadi akan menimbulkan gas karbon dioksida dari campuran soda kue dan cuka, sehingga reaksinya akan cepat  dan cairan meluap keatas seperti lmagma merah Gunung berapi.

 itulah percobaan yang kami lakukan dalam pelajaran sains "Tema School", sedikit percobaan itu dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anak bagaimana terjadinya proses gunung berapi meletus. itu tidak seberapa dibangding dengan ilmu yang dimiliki Allah , setidaknya kami telah melakukan percobaan yang dapat melatih kemampuan kognitif, motorik , dan pengamatan.


Bookmark and Share


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Email :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)